Kamis, 25 September 2014

'Dunia Shopie', Menjelajah Dunia Filsafat

Shopie adalah gadis kecil yang diceritakan mendapatkan surat dari seseorang yang misterius. Dari surat-surat itulah shopie kemudian memulai pembelajaran filsafatnya. ia dibawah kembali ke 350 SM untuk melihat benturan-benturan pemikiran antara para filsuf di zaman itu. Pelopor Abiogenesis dan Biogenesis memulai pertarungannya mencoba menjawab asal usul kehidupan. Pertanyaan penting bagi setiap orang yang menerjunkan dirinya menyelami filsafat. 'Dari mana?'. darimana kita bersal atau sgeala bentuk sesuatu yang ada ini bagaimana bisa sedemikian rupa ada dan berinteraksi dengan kita.
Berikutnya surat demi surat selalu didapati Shopie dalam kotak miliknya yang membuatnya semakin tenggelam dalam lezatnya teka-teki kehidupan. Sampai menuntun Shopie untuk menjawab pertanyaan "Apa?', apa sebenarnya kita ini dan segala sesuatu yang berada di sekitar kita. Mungkinkah kita benar adanya atau hanyalah imaji dari hasil pemikiran seseorang yang ada disana dan dengan hebatnya mencipta sosok sedemikian adanya.

Pada akhirnya Shopie yang memang adalah seorang anak yang giat belajar dan selalu ingin memecahkan teka-teki yang didapatinya dituntun menuju sebuah gubuk tua di tengah hutan yang mempertemukannya dengan sosok lelaki tua. Disana Shopie semakin tenggelam dengan isi surat-suratnya yang mungkin tanpa ia sadari telah menuntunnya masuk dalam sebuah sejarah panjang dunia filsafat untuk menjawat tentang "Apa nilai dari kehidupan?". Benturan fikiran filsafat yang berkembang dari setiap zaman dan setiap orang berbeda telah memberi warna dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan penting yang memang secara naluriah selalu diajukan oleh setiap manusia.
'Apa/ siapa kita?', 'Darimana kita berasal?' dan "Untuk apa kita ada?". Shopie telah menelusuri lorong-lorong pengetahuan dari tekadnya memecah teka-teki yang datang padanya. Semangatnya mencari jawaban akhirnya membuatnya menjelajah dunia filsafat dari masa pra sokrates sampaii pada masa filsuf abad baru.
Ini adalah buku yang tepat dibaca bagi mereka yang mencoba memahami sejarah filsafat, tokoh, alur pemikiran dan aliran filsafatnya. Buku ini dirancang apik oleh penulisnya untuk memenuhi hasrat pecinta filsafat dalam mengarungi sejarah filsafat dalam cerita novel dan ringkas, namun tetap mengedepankan poin-poin penting dari pemikiran tokoh dan alirannya. Dunia Shopie, begitu judul buku ini diberi nama. Karena Shopie-lah yang hidup disana untuk mengajak kita menjelajah dalam dunia filsafat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bacalah, kemudian menuliskannya kembali. Buatlah sesuatu untuk dikenang.