Minggu, 11 Desember 2016

Ziarah Kubur, Menjaga Ikatan Leluhur

Ziarah Kubur.

Dalam keluarga kami ziarah kubur adalah satu diantara ritus yang harus dijalani bagi setiap anggota keluarga yang telah melangsungkan pernikahan.

Ziarah Kubur ini adalah upaya menjaga keterikatan dengan leluhur dari keluarga kami. Setiap yang baru menikah akan diantar untuk menziarahi beberapa makam dari leluhur. Hal ini bertujuan agar yang muda tetap tahu tentang dari mana asal usul keluarganya. Menjaga nama baik leluhur tentu saja juga merupakan poin penting dari ritus ini.

Sebagaimana makna ziarah, adalah upaya menapak tilas sebuah perjalanan yang ada. Maka ziarah kubur ini pun untuk memperkenalkan leluhur pada pasangan yang baru dinikahi/menikah dalam keluarga kami.

Dalam ziarah, kami mengirimkan do'a-do'a untuk kebaikan leluhur kami yang berada di dimensi lain. Kami percaya bahwa do'a-do'a yang dikirimkan akan sampai pada mereka. Dan bagi kami, ada spirit baru yang didapatkan dari ritus seperti ini. Mengenal bahwa leluhur adalah orang yang baik membuat kami termotivasi menjaga nama-nama baik itu.

#selamatdatangdikeluargabarusayangku


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bacalah, kemudian menuliskannya kembali. Buatlah sesuatu untuk dikenang.