Selasa, 26 April 2016

The Jungle Book : Memahami Individu dan Masyarakat

The Jungle Book

Hukum Rimba, Hukum Alam yang berlaku bagi setiap makhluk. Hukum ini tak hanya tentang siapa pemuncak rantai makanan. Tapi lebih kepada bagaimana kehidupan itu sendiri berjalan.

Setiap orang percaya bahwa jauh sebelum manusia modern menghuni Bumi, kehidupan rimba telah ada dan berproses mengikuti hukum alam yang ada. Ada yang lahir, menjalani hidup lalu kemudian mati.

Tapi yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana kehidupan itu selalu berkorelasi dengan 'saling membutuhkan' satu sama lain, saling melengkapi.

Hukum Rimba tak hanya bercerita tentang kompetisi rantai makanan. Jauh dari itu menyimpan cerita tentang kolaborasi untuk saling menjaga satu sama lain. Pengistilahannya 'berkawanan'. Inu mirip dengan istilah hidup berkelompok atau bermasyarakat dalam kehidupan manusia.

Dalam film 'The Jungle Book' ditampilkan bagaimana sebuah kehidupan di Hutan berjalan mematuhi hukumnya. Tak melulu dengan rantai makanan. Disana ada perjanjian damai, 'batu perdamaian' yang mana setiap jenis hewan bisa berkumpul untuk sama-sama minum dengan aman meskipun ada yang seharusnya menjadi makanan bagi yang lainnya.

Tapi inti yang dapat dipetik dari kisah ini adalah bagaimana pentingnya hidup dalam kawanan dimana saling melindungi. Seorang anak, 'Mowgli' bisa hidup dalam kawanan apapun. Ini berarti betapa pentingnya beradaptasi dengan orang baru. Ketulusannya membantu yang lain menghilangkan jarak antar yang lain.

Di akhir cerita, Mowgli yang dibesarkan kawanan Serigala diajarkan untuk menjadi dirinya sendiri agar bisa mengalahkan Si Harimau yang kejam. Penting bagi kita untuk berada dalam lingkungan masyarakat, beradaptasi terhadapnya dan membaur, namun lebih penting lagi kita harus tetap menjadi diri kita sendiri mmamfaatkan potensi yang ada. Bukan menjadi sama dengan orang lain.

*****
Ahhhh... saya teringat saat masih sering berceramah di Himpunan tentang 'Individu dan Masyarakat'.
Rasanya film ini amat cocok dengan materi itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bacalah, kemudian menuliskannya kembali. Buatlah sesuatu untuk dikenang.