Selasa, 03 Mei 2016

Jangan Remehkan Dirimu: Setiap Orang Punya Potensi

Seorang temanku pernah bercerita, lebih tepatnya berkeluh kesah dengan apa yang dijalaninya. Rasanya semua begitu sulit ungkapnya. Saya mendengarkan baik-baik setiap kata yang mengalir dari bibirnya kala itu.

Terlalu banyak yang meremehkannya katanya. Dan ironisnya ia percaya itu. Ia percaya akan apa yang dikatakan orang lain terhadapnya. Ia menjadikan dirinya sebagai cerminan kata orang padanya. Hasilnya ia semakin merasa nyata terhadap penilaian orang lain.

Saya tersenyum.
Kusentak pundaknya. Setelah ia bercerita, saya sekarang mengambil alih.

Kawan, hidup itu memang demikian adanya. Selalu saja ada yang menjadi komentator dalam.kehidupan kita. Tapi nyatanya mereka tak berkontribusi apa-apa terhadap kita sendiri. Mendengarkan orang macam itu tentu akan semakin mengekerdilkanmu. Kamu secara perlahan di-bonsai olehnya. Jiwamu menjadi semakin menyerupai ucapannya.

Kawanku, satu hal yang harus kamu sadari bahwa kita takkan mungkin membuat setiap orang setuju dengan apa yang kita lakukan. Dan memang kita hidup bukan untuk membuat mereka senang. Bukan seperti itu tujuan penciptaan kita.

Mereka boleh saja percaya bahwa kamu lemah, mereka meremehkanmu itu sah-sah saja. Tapi, satu hal yang penting adalah jangan biarkan dirimu sendiri memandang dirimu lemah. Itu sama saja membuatmu tak berarti apa-apa.

"Setiap orang bisa meremehkanmu, tapi kamu tetaplah orang yang hebat. Kamu harus percaya itu!"

Temanku mengangguk.
Ia segera pergi mengambil cermin dan melihat dirinya sebagai pribadi yang baru. Seorang yang sungguh hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bacalah, kemudian menuliskannya kembali. Buatlah sesuatu untuk dikenang.