Minggu, 10 Mei 2015

Sumber Energi Terbarukan Penghasil Listrik Harus Digenjot

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang dicanangkan di Yogyakarta merupakan langkah besar. Pemerintahan hari ini patut diapresiasi dan terus didukung dalam meningkatkan pengelolaan Sumber Energi Terbarukan.

PLTB yang menggunakan pemamfaatan energi angin adalah suatu hal penting. Dimana di negara kita ini merupakan negara yang dikelilingi garis pantai yang luas. Hal itu membuat wilayah negara kita memiliki potensi angin yang besar untuk dimamfaatkan. Ke depannya tak hanya di Yoyakarta saja. Tapi kita harus mendorong pemerintah untuk menarik investor agar bisa membangun PLTB di daerah lainnya.


Selain dari segi energi listrik yang dihasilkan, PLTB ini juga bisa menjadi tempat rekreasi layaknya kincir angin yang ada di Belanda. Dan itu bisa menarik kunjungan dari wisatawan. Selain itu ini bisa membuat harga listrik di daerah tersebut lebih murah dikarenakan biaya produksi listriknya tentu takkan sebesar dengan yang menggunakan diesel.

Berikutnya, tak hanya PLTB yang harus dikembangkan. Geotermal atau panas bumi juga potensial di beberapa daerah di negeri ini. Gelombang laut, tenaga surya atau bahkan energi nuklir bisa menjadi alternatif baru dalam penyediaan energi listrik kita. Pasokan kita harus melimpah dari sumber yang terbarukan agar biaya produksi diefisiensikan sehingga harga energi listrik di pasar menjadi murah bagi rakyat. Ini merupakan suatu langkah menuju jalan mewujudkan kedulatan energi nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bacalah, kemudian menuliskannya kembali. Buatlah sesuatu untuk dikenang.