Sabtu, 10 Oktober 2015

PANGKEP Sebagai Daerah Agropolitan

Agropolitan adalah istilah untuk membangun sektor pertanian pada suatu daerah sebagai poros penopang pembangunan daerah. Agropolitan tidak hanya fokus pada pertanian tapi juga menyangkut perkebunan dan peternakan.
Di Pangkep dengan wilayah yang luas memiliki potensi yang besar untuk pengembangan pertanian. Hanya saja sampai sejauh ini belumlah maksimal untuk itu. Barulah komoditas seperti jeruknya yang dikenal. Itupun musiman.
Masih banyaknya masyarakat bertani dengan cara konvensional membuat potensi lahan-lahan yang ada menjadi hamparan tanah-tanah yang tak bermamfaat.
Beberapa diantara hal penting dalam mewujudkan AGROPOLITAN adalah peningkatan SDM Petani lewat berbagai penyuluhan, penggunaan alat tani modern yang bisa lebih praktis, penyediaan sarana penyimpanan pasokan dan distribusi hasil tani, menyiapkan sistem irigasi, membuat lahan-lahan tidur menjadi produktif dan menghindari penambangan liar yang tak memperhatikan lingkungan, penyediaan bibit unggul dan pupuk yang berkesibambungan.

Apa yang terjadi selama ini adalah kurangnya 'support' untuk mengembangkan hasil tani lain selain padi. Sehingga petani kita yang ada hanya terfokus pada komoditas padi saja untuk menghasilkan gabah (beras). Padahal beberapa petani sudah ada yang coba menanam jenis palawija, hanya saja terkendala pada persoalan pemasaran. Sehingga menanam jenis lain selain padi itu hanyalah bentuk selingan belaka yang kurang diperhatikan. Itupun hanya dilakukan sebagian kecil petani, yang lainnya lebih memilih membiarka lahannya kosong sampai waktu menanam padi kembali.
Kedepannya kita harus menyadarkan masyarakat, utamanya petani itu sendiri bahwa profesi tani bukan hal yang terbelakang. Justru petani memiliki peran penting dalam proses pembangunan utamanya dalam pengembangan daerah Agropolitan. Kita berharap pemerintahan ke depan mau melirik dan mengubah pandangan masyarakat kita bahwa profesi tani itu adalah poros utama pembangunan daerah kita.
Mengajak semua elemen ikut berkontribusi dalam hal ini. Sehingga meningkatkan usaha-usaha pertanian sudah menjadi prioritas untuk dilakukan ke depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bacalah, kemudian menuliskannya kembali. Buatlah sesuatu untuk dikenang.